PDIP dan Gerindra Punya Kesamaan Ideologi, Diprediksi Berkoalisi di Pilpres 2024

PDIP dan Gerindra Punya Kesamaan Ideologi, Diprediksi Berkoalisi di Pilpres 2024

JAKARTA – PDP-Perjuangan dan Partai Gerindra punya kesamaan ideologi. Dua partai besar ini diprediksi bakal berkoalisi pada Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari menilai, koalisi dua partai ini hampir pasti, bahkan tinggal menunggu waktu diumumkan.

“Menurut saya hampir pasti, PDIP ini berkoalisi dengan Gerindra, bahkan istilahnya PDIP dengan Gerindra ini sudah kawin gantung begitu, tinggal menunggu peresmiannya saja pada tahun 2024 yang akan datang.” Ujar Qodari, Jumat (28/05).

Qodari menilai, PDI-P dan Gerindra memiliki kedekatan ideologi. Yaitu sama-sama mengusung ideologi nasionalis-proteksionis.

“Kedekatan ideologi antara PDIP dengan Gerindra sama-sama partai nasionalis proteksionis, itu istilah saya untuk menggambarkan suatu spektrum ideologi yang nasionalis yang berusaha memproteksi kalangan kelas menengah kebawah, berbeda dengan nasionalis pro kapital atau pasar bebas,” ungkap Qodari.

Qodari menjelaskan tentang sejarah hubungan PDIP dan Gerindra. Di mana ada kedekatan pribadi antara Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto yang bukan saja baru kemarin sore terjalin, melainkan memiliki kesejarahan yang panjang.

Baca juga:

Begini Strategi TNI dan Polri Amankan PON di Papua

28 Mei Status Cirebon Waspada Banjir, Ada 17 Kecamatan Termasuk Waled

Fery, Bocah yang Tenggelam di Jagapura Wetan, Ditemukan Meninggal Dunia

Gara-gara Duit 15 Ribu, Anak Dianiaya Ayah Kandung sampai Hidung Patah, Kejadian di Palimanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: